30 November 2009

Robot serangga tercanggih 2009




Dilihat dari gambarnya mungkin robot ini sederhana! tapi ini merupakan robot serangga yang tercanggih!

Sejenis robot berbentuk lebah memiliki kemampuan untuk melacak dan membaui keberadaan obat-obatan terlarang yang tersembunyi. Selain itu, si robot juga bisa mencari dan mengenali korban dalam reruntuhan bangunan.

Mungkin hal itu terdengar seperti skenario film fiksi, namun nyatanya gambaran robot tersebut merupakan bagian dari visi yang tengah dikembangkan oleh ilmuwan Jepang. Ya, mereka tengah berupaya memahami cara kerja robot lebah dan memprogramnya untuk tugas-tugas yang lebih spesifik.

Profesor dari Research Centre for Advanced Science and Technology di Tokyo University, Ryohei Kanzaki, telah mempelajari otak serangga selama kurun waktu tiga dekade dan dia menjadi perintis dalam bidang pengembangan robot serangga.

"Serangga memiliki sekira 100.000 jumlah sel syaraf di dalam otaknya yang hanya berukuran lebar dua milimeter. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan dengan manusia, namun ukuran tidak menentukan segalanya,"

Otak serangga yang sangat kecil memiliki kemampuan untuk mengontrol aktivitas terbang dan berakrobat di udara yang sangat kompleks. Dengan kemampuan itu mereka bisa menangkap serangga lain sambil terbang. Hal itu membuktikan mereka adalah makhluk dengan peranti lunak canggih di dalam otak mereka.

Para pengembang robot kemudian meniru cara kerja otak serangga untuk diaplikasikan ke otak robot. Mereka juga mengamati syaraf yang paling dominan merespon rangsangan untuk kemudian membuatnya bisa dilihat menggunakan gambar tiga dimensi yang bercahaya.

Kanzaki juga mengungkapkan keinginanannnya untuk untuk membuat robot tersebut agar bisa beradaptasi dengan perubahan lingkungan dan cuaca.

"Sangat menarik jika kita berhasil membuat sebuah robot yang memiliki kemampuan yang sangat mirip dengan makhluk hidup sungguhan. Mereka bisa mengenali bau, merangkak, dan bekerja seperti manusia. Saya tengah mempersiapkan robot dengan kemampuan luar biasa," tandasnya.

Lebih lanjut =>>

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes