19 September 2010

KIAT BUKA KONTER

Kiat Buka Konter Ponsel      

POTENSI BISNIS SELULER
Langkah Buka Konter Seluler
Tren Digital dalam kesempatan rubrik Trend Bisnis Seluler kali ini mengangkat tentang “Langkah Buka Konter Seluler“. Bekerja sama dengan narasumber Sudanang Dananjaya (926 53943) penulis buku “Menjadi Kaya dengan Usaha Seluler”dan pembina LPTTI, Lembaga Pendidikan Teknologi Terapan Indonesia, dengan motto:”Langsung buka usaha & Langsung Kerja” (www.lptti.com)
Bila Anda memilih bisnis seluler dan akan membuka konter, maka sebelum mulai usaha perlu mempersiapkan langkah-langkah berjualan seluler. Pedoman yang relevan ini saya peroleh dari Direktur Global Teleshop, Spesialis seluler, yaitu:
1.    LOKASI STRATEGIS.
Ingat bahwa bisnis yang sukses adalah yang pertama dan utama adalah lokasi, lokasi dan lokasi. Bisa buka kios di mall/ ITC, yang tentunya sudah ternama sebagai setral penjualan ponsel. Anda bisa juga pilih ruko, depan rumah yang dipinggir jalan yang penting ramai, mudah terjangkau, tempat naik turun angkot dan 80% adalah pejalan kaki, dekat keramaian seperti pasar, perkantoran, industri dan kampus. Atau bahkan di pintu masuk perumahan yang padat.
2.    BANYAK PILIHAN PRODUK.
Maksudnya adalah dagangan Anda yang memiliki banyak jenisnya dari voucher perdana, isi ulang, aksesoris, sparepart, ponsel baru dan seken. Walau masing-masing jenis, tipe dan mereknya jumlah terbatas, tak masalah, asalkan saat konsumen cari, ada. Namun tentunya stok yang Anda persiapkan haruslah yang memang dicari dan dibutuhkan, artinya fast moving items, jadi jangan sampai uang modal Anda tertanam pada barang yang sulit atau lama lakunya.

3.    JAMINAN ASLI BERGARANSI.
Ini mutlak! Jangan bangga menjual BM alias Black Market, Anda mungkin untung, namun banyak yang dirugikan, terutama negara. Apakah Anda ingin dicap sebagai penghianat bangsa? Bila Anda berjualan aksesoris HP seperti baterai, charger haruslah yang standar, bila tidak maka charger tersebut bisa merusak baterai dan baterai bisa merusak ponsel, maka siap-siaplah Anda dikomplein konsumen. 
4.    HARGA BERSAING.
Hal ini terjadi bila, persaingan sudah semakin ketat, sehingga jurus strategi harga bersaing perlu dimainkan. Tentunya harus tetap untung karena pengambilan barangnya dari grosir/ distributor. Minimal tidak bersaing antar kios-kios satu lantai atau satu jalan, karena Anda bisa kompromi harga bersama.
5.    LANGSUNG AKTIF.
Maksudnya, bila memberikan layanan seyogyanya secara tuntas, artinya, konsumen beli HP, silahkan diaktifkan dan di coba dengan menunjukkan fitur-fiturnya. Bila jual voucher atau pulsa isi ulang, maka seyogyanya langsung aktif, sehingga sama-sama yakin dan puas HP berfungsi.
6.    LAYANAN PROFESSIONAL.
Kunci sukses bisnis seluler adalah dari pelayanan dan marketing dari mulut ke mulut, karena konsumen puas. Maka Anda dan petugas konter Anda senantiasa harus dilatih tidak saja trampil menguasai produk jualannya saja, namun juga Anda harus ramah dan telaten dalam melayani konsumen.
Hitung Modal & BEP
Berikut ini Barang dan kegiatan apa saja, serta modalnya berapa untuk Anda memulai bisnis seluler ini. Tentunya Anda bisa mulai dari modal besar, namun saya sarankan untuk pemula yang ingin merasakan sendiri jalannya bisnis ini maka mulailah dari modal yang kecil, selanjutnya mudah untuk dibesarkan. Catatan penting bila jualan voucher dan pulsa isi ulang utamanya adalah di pinggir jalan dekat dengan keramaian konsumen, kecuali bila jualan tingkat grosir umumnya di mall/ ITC, demikian juga dengan berjualan HP dan aksesoris tingkat grosir berjualan di mall/ ITC. Kali ini, tulisan tentang buka konter jual pulsa & aksesoris:
1.    SEWA LAHAN/ KIOS. Bila Anda punya rumah atau ruko dengan lokasi yang bagus, tidak ada salahnya mulai dari tempat itu, namun tetap harus diperhitungkan sewanya. Dengan modal kecil Anda tetap dapat berjualan pada sebuah lahan didepan Mini market seperti Indomart atau Alfa Mart dengan harga sewa Rp. 250.000 hingga Rp. 300.000,- per bulan. Bila Anda menyewa sebuah kios dalam Mall, Anda dapatkan mulai dengan harga sewa Rp. 900.000,-hingga Rp. 1.500.000,- per bulan plus service fee.
2.    ETALASE. Sebuah etalase standar untuk jualan seluler dengan ukuran 50x120x80 harganya Rp. 600.000,- tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan disain tataletak.
3.    VOUCHER PERDANA. Pilihlah produk dari operator yang jumlah komposisinya disesuaikan dengan mayoritas konsumen Anda. Secara umum telah kita kenal layanan GSM: SimPati dan Kartu AS dari Telkomsel, Mentari dan IM3 dari Indosat serta XL Bebas dan Xl Jempol dari Exelcomindo. Layanan CDMA: Esia dari Bakrie Telekom, TelkomFlexi dari Telkom dan dari Fren dari Moble8. Untuk modal awal keseluruhan Anda siapkan sekitar Rp. 500.000,-
4.    PULSA ISI ULANG FISIK DAN ELEKTRONIK. Sama halnya dengan voucher perdana, bila Anda berjualan di pinggir jalan maka justru kekuatan modal adalah untuk produk pulsa isi ulang ini, yaitu bisa mulai dengan modal Rp. 1.200.000,- keatas, yang dapat dibeli di kios grosir di Roxy, ITC dan di setiap kota besar ada distributornya. Untuk Pulsa Elektronik dapat diperoleh melalui M-Kios untuk produk Telkomsel, XL kita/ dompet Pulsa untuk produk XL. Anda bisa deposit dari minimal Rp. 300.000,- hingga Rp. 2 juta keatas. Nilai ini akan terus naik sebanding dengan permintaan konsumen Anda.
5.    AKSESORIS. Belanja aksesoris disesuaikan dengan model yang up to date dan type mayoritas ponsel yang umum dipergunakan dilingkungan Anda. Untul item ini belanjakan dari nilai Rp. 500.000,- sudah dapat memenuhi etalase Anda.
6.    BAHAN MARKETING. Jangan lupa untuk mempromosikan kehadiran konter baru Anda, serta menonjolkan kelebihan konter Anda dengan yang lain, maka Anda harus melakukan promosi yaitu dengan Spanduk, Papan nama, Brosur, banner, papan harga dan lainnya. Bila Anda inginkan kios Anda di branded oleh operator maka semua itu Anda tidak perlu keluarkan uang, termasuk pengecetan dinding, kursi, papan daftar harga, tentunya dengan konpensasi.
7.    ADMINISTRASI & OPERASIONAL. Hal yang paling penting dalam berdagang adalah sistem administrasi, pembukuan, serta kalkulasi biaya awal Anda setting konter. Ini untuk menghitung BEP. Untuk Admin dan operasional awal perlu Rp. 100.000 – Rp. 200.000,-
8.    SDM. Terakhir adalah masalah tenaga kerja. Bila Anda ingin terjun sendiri awalnya maka akan lebih efisien, sambil Anda belajar mengenali bisnis ini. Bisa dibantu istri, anak atau keluarga. Bila Anda ingin merektrut tenaga, maka Anda dapat menggajih awal sebesar Rp. 500.000,- hingga Rp. 700.000,- sesuai pengalaman, keterampilan dan lamanya bekerja. Bisa dibagi dalam gajih pokok, uang makan dan uang transport, serta bila telah mahir, bisa dipercaya dan loyal maka bisa diberikan tambahan prosentase dari hasil jualan.
Setelah Anda total, maka dana modal awal Anda adalah Rp. 3.500.000 hingga 6.500.000,-
Dewasa ini margin yang diperoleh dari berjualan pulsa isi ulang, minimal 1.500 rupiah, pertransaksi, jadi berapa transaksi perhari. Untuk bulan pertama 20 hingga meningkat 40 transaksi perhari sudah bagus, dan setiap harinya terus meningkat bila lokasi pilihannya tepat. Belum lagi dari berjualan aksesoris dan voucher perdana, sehingga income Anda bisa Rp. 1,8 – Rp. 2 juta perbulan. Adapun pengeluaran Anda perbulan, adalah untuk sewa lahan, honor SDM dan operasional harian, bisa sebesar satu juta perbulan. Maka, margin yang Anda peroleh dapat mencapai 800 ribu rupiah hingga satu juta rupiah. Dengan demikian BEP Anda bisa tercapai dalam waktu 4 hingga 8 bulan saja. Selamat Berbisnis.


sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes